Cara Membuat Kue Klepon Isi Gula Merah Praktis

Cara Membuat Kue Klepon Isi Gula Merah - Siapa yang tidak kenal dengan kue klepon? Khususnya untuk masyarakat Jawa dan sekitarnya tentu sudah kenal dengan kue ini. Klepon merupakan salah satu jenis kue basah yang ada isiannya. Biasanya klepon dibuat dari tepung beras ketan, tetapi ada pula yang dibuat dari bahan ubi.

Dengan tekstur yang kenyal dan lembut, kue klepon banyak diminati oleh seluruh kalangan masyarakat. Apalagi jika kue tersebut diisi dengan gula merah dan taburan kelapa parut. Langsung saja berikut cara membuat kue klepon isi gula merah yang nikmat.

klepon isi gula merah

Resep Klepon Isi Gula Merah Nikmat

Bahan-bahan:
  • Tepung ketan putih cukup dengan 450 gram
  • Tepung beras sebanyak 50 gram
  • Garam halus kiranya 1/2 sendok teh
  • Gula merah sesuaikan selera masing-masing (disisir halus)
  • Air sesuaikan dengan kebutuhan
  • Daun pandan sebanyak 1 lembar
  • Kelapa parut yang tidak terlalu tua seperlunya, untuk bahan taburan
  • Pasta pandan secukupnya saja.

Cara Membuat Klepon Isi Gula Merah dengan Mudah

  1. Langkah pertama campurkan antara tepung beras dan tepung ketan dalam sebuah wadah. Apabila ingin teksturnya lebih lembut, silahkan ayak terlebih dahulu. Jangan lupa aduk-aduk hingga tercampur merata.
  2. Langkah berikutnya masukan pasta pandan seperlunya kedalam adonan tepung tersebut. Aduk-aduk hingga tercampur merata, lalu susul dengan memasukan air sedikit demi sedikit. 
  3. Bentuk adonan tadi menjadi bulatan pipih, kemudian letakan sisiran gula merah di bagian tengahnya. Lalu tutup dan bentuk bulatan mirip bola ping pong. Setelah semua selesai, rebuslah sampai mendidih dan matang.
  4. Sambil menunggu mendidih, kukus campuran antara parutan kelapa dengan garam secukupnya. Kemudian gulingkan bulatan klepon tadi diatas parutan kelapa sampai merata.
  5. Sajikan klepon isi gula merah untuk keluarga tercinta.
Itulah informasi seputar cara membuat kue klepon isi gula merah yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Selamat mencoba dan menikmati hasilnya, salam!

Cara Membuat Kue Klepon Isi Gula Merah Praktis Rating: 4.5 Posted By: arwanapratama

0 komentar:

Posting Komentar